PELATIHAN JURNALISTIK

Yayasan Kreasi bekerja sama dengan wartawan senior sekaligus mantan Pimpinan Redaksi Tribun Kaltim (Kompas Group) Bapak Priyo Suwarno selaku narasumber untuk memberikan Pelatihan Jurnalistik kepada siswa-siswi kelas 7, 8 dan 9 SMP YAPENDIK GPIB Balikpapan. Acara yang diselenggarakan pada selasa, 02 oktober 2018, bertempat di Gedung Serbaguna Yapendik, membahas mengenai Teknik menulis berita dan mendeteksi berita Hoax yang sedang melanda media sosial saat ini

Priyo Suwarno mengatakan bahwa di zaman lampau penulisan berita hanya dapat dilakukan oleh profesi wartawan dimana berita yang akan di terbitkan harus melalui berbagai proses yang Panjang hingga penerbitan. Tetapi di zaman milenial saat ini dengan adanya medsos yang menjadi trand anak muda, siapa saja bisa menjadi penulis berita. Karena setiap orang yang memiliki akun medsos dapat menulis berita kapan saja dan dimana saja. Karena itu siswa siswi SMP Yapendik harus menjadi siswa siswi yang cerdas, cermat serta kritis dalam menulis maupun men share berita agar dapat diterima dengan baik dan membawa manfaat yang positif bagi pembaca.

Dengan belajar menulis dan mendeteksi berita yang benar siswa siswi juga dapat terhindar dari Undang-Undang ITE (Informasi Transaksi Elektronik) yang sudah menjerat banyak orang.